Senin, 02 Maret 2009

Cinta dan benci Karena Allah

Setiap orang pasti memiliki rasa cinta dan benci, tetapi alasan mereka mereka bisa bermacam-macam.
Karena apa kita mencintai sesuatu? Karena apa kita membenci sesuatu? Tanyakan pada hati kita sendiri apakah alasan kita mencintai dan membenci sesuatu tersebut sudah benar.

Hadits Nabi SAW :
Dari Anas RA dari Nabi SAW, beliau bersabda,”Ada tiga perkara barangsiapa yang tiga perkara itu ada padanya berarti ia mendapatkan manisnya iman, yaitu barangsiapa yang Allah dan Rasul-Nya lebih dicintainya daripada selain keduanya, dan barangsiapa yang mencintai seseorang yang mana dia tidak mencintainya kecuali karena Allah, dan barangsiapa yang benci untuk kembali kepada kekafiran setelah Allah menyelamatkannya dari api kekafiran itu sebagaimana dia tidak suka (takut) dilemparkan ke dalam api.” (HR. Bukhari juz 1, hal. 11)

Dari Anas RA dari Nabi SAW,beliau bersabda,”Tidak beriman seseorang diantara kalian sehingga ia mencintai saudaranya (sebagaimana) apa yang ia cintai untuk dirinya.” (HR. Bukhari juz 1, hal. 9)

Dari Abu Umamah, dari Rasulullah SAW, beliau bersabda,”Barangsiapa yang mencintai karena Allah, membenci karena Allah, memberi karena Allah dan mencegah karena Allah, berarti dia telah menyempurnakan iman.” (HR. Abu Dawud juz 4, hal. 220)

Semoga hadits-hadits ini bisa mewakili, karena sebenarnya masih banyak hadits-hadits yang lain.
Sekali lagi, Islam menuntunkan seperti ini, dan sebagai muslim kita harus yakin inilah kebenaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar